Songsong Ramadan

Songsong Ramadan

Bansos Belia Mabims

Bansos Belia Mabims

Manasik Haji

Manasik Haji

Sarasehan Rois

Sarasehan Rois

Gedung KUA

Gedung KUA
Selamat Datang di Media Online KUA Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta...............Sebelum Masuk, Silakan Isi Buku Tamu Terlebih Dahulu...............KUA Kecamatan Cangkringan Siap Melayani Anda dengan Ramah dan Amanah...............Pascaerupsi Merapi 2010, Marilah Kita Bangkit dan Bangun Kembali Cangkringan...............Terimakasih atas Kunjungan Anda, Semoga Membawa Manfaat.

Rabu, 02 Februari 2011

KUA Cangkringan Sleman

ERA BARU KUA CANGKRINGAN
Oleh: Author

Kantor Urusan Agama Kecamatan Cangkringan merupakan salah satu dari 17 KUA Kecamatan yang berada di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Dari segi geografis, KUA Kecamatan Cangkringan terletak di bagian utara-timur provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak ke ibukota kabupaten Sleman sekitar 15 km dan ke ibukota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berjarak 25 km.

Di wilayah kecamatan Cangkringan inilah gunung teraktif di dunia, yaitu gunung Merapi, berada. Sebuah gunung berapi yang mempunyai siklus empat tahunan dalam bererupsi dan siklus seratus tahunan dalam meletus secara dahsyat. Letusan Merapi pada Kamis, 04 Nopember 2010 tengah malam beberapa waktu yang lalu diyakini sebagai siklus seratus tahunan karena letusannya begitu besar. Terjangan awan panas dan muntahan material vulkaniknya pun sampai meluncur lebih dari 16 km dari puncak.

Kemudian dari jumlah peristiwa nikah/rujuk untuk wilayah kabupaten Sleman, KUA Kecamatan Cangkringan termasuk kategori III. kategori I peristiwa nikah/rujuknya berkisar 601 s.d. 900 peristiwa. kategori II peristiwa nikah/rujuknya sekitar 351 s.d. 600 peristiwa. kategori III peristiwa nikah/rujuknya berkisar antara 200 s.d. 350 peristiwa. Komposisi masyarakatnya cenderung homogen.

KUA Kecamatan Cangkringan pernah meraih predikat KUA Percontohan I tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan KUA Percontohan VI tingkat Nasional. Prestasi ini diraih pada tahun 2004 ketika kepala KUA-nya dijabat oleh Drs. Tulus Dumadi, M.A. dan penghulunya oleh Eko Mardiono, S.Ag.

KUA Kecamatan Cangkringan ini mempunyai tugas pokok dan fungsi menjalankan tugas-tugas di bidang urusan agama Islam di wilayah kecamatan Cangkringan. Adapun struktur dan personalia KUA Kecamatan Cangkringan saat ini adalah:
1. Kepala KUA : Eko Mardiono, S.Ag., M.S.I.
2. Penghulu : A. Gofur, S.H.
3. Petugas Doktik : Isnaini
4. Keluarga Sakinah : Hajid Suryadi, S.H.I.
5. Zakat dan Wakaf : Jumadi
6. Produk Halal : Sumardiyono, S.Sos.I.
7. Kemitraan Umat : Sumadi
8. Informasi Haji : Hajid Suryadi, S.H.I.

Ada beberapa Penyuluh Agama Islam Fungsional yang ditugaskan di wilayah kecamatan Cangkringan. Mereka adalah: Surahmat, S.Ag., Hudaya Subhan, S.Ag., M. Jarun Anwar, S.Ag., Jaka Kurniawan, Agus Nurrohman, dan Maria Ulfah.

KUA Kecamatan Cangkringan mempunyai visi tahun 2015:
“Terwujudnya masyarakat yang sakinah dan religius”.

Adapun Misinya adalah:
1. Menertibkan administrasi perkantoran berbasis teknologi informasi;
2. Memberdayakan keluarga sakinah;
3. Optimalisasi zakat dan wakaf;
4. Menumbuhkan kesadaran dan praktik dalam produk dan makanan halal;
5. Menciptakan keharmonisan intern dan ekstern umat beragama;
6. Mensosialisasikan dan melaksanakan manasik haji.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Kalau KUAnya dicat lagi dengan warna yg lebih modern pasti tambah okey, , dan kalau bisa pagarnya dipugar dan diganti dengan pagar 2 pintu gerbang pasti lebih terlihat elegan. Pie mas Eko. . . Tak tantang njenengan. . . Hahaha, semoga KUA CANGKRINGAN tambah maju dan semakin modern lagi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  2. Semoga ke depan KUA Cangkringan tambah maju, semakin modern, okey, dan elegan.

    BalasHapus

Peta Lokasi KUA Cangkringan


Lihat KUA CANGKRINGAN di peta yang lebih besar